KESALAHAN UMUM PRAKTIK DIET DI ZAMAN SEKARANG

KESALAHAN UMUM PRAKTIK DIET DI ZAMAN SEKARANG
KESALAHAN UMUM PRAKTIK DIET DI ZAMAN SEKARANG
Cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan yang disarankan belum tentu diikuti dengan benar. Penafsiran yang berbeda-beda atas sebuah informasi kesehatan adalah pemicunya.

Akibatnya adalah berbagai kesalahan yang tidak disadari pelaku diet. Merasa sudah menjalani cara alami yang tepat, sementara berharap bisa menurunkna bobot badan secepatnya. Ternyata karena beberapa kesalahan itu membuyarkan harapan dan bisa anda sesali.

Cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan

Kenali Kesalahan Diet

Maka dari itu kenalilah apa saja yang merupakan kesalahan diet. Jangan langsung terpukau dan mencoba beberapa tips diet yang konon bisa mempercepat penurunan bobot badan. Di balik semua itu masih ada serangkaian detil yang mestinya dipahami sebaik-baiknya. 


Mungkin mereka terlalu fokus menurunkan berat badan secepatmungkin, sebagian orang malah melakukan kesalahan diet dengan mengurangi konsumsi nutrisi mikro semisal vitamin dan mineral. Padahal menurut ahli kesehatan kedua komponen tersebut malah sangat berguna dlm menjaga tubuh tetap prima selama melakukan program diet.

Tidak Makan

kelebihan dan kekurangan sarapan pagi

Jelas ini salah besar. Menganggap program diet sebagai cara menguruskan tubuh dengan tidak makan adalah kesalahan fatal. Namanya diet itu ya tetap makan. Karena arti dari kata diet itu sendiri bermakna makan/pola santapan.
Tidak sarapan pagi akan memperlambat metabolisme tubuh yang malah menimbulkan perubahan hormon tertentu sehingga makin memperlambat proses penurunan berat badan
Dalam program diet, bukan tidak makan tetapi mengubah menu dan pola makanan. Tujuan utamanya menurunkan bobot badan berarti harus disesuaikan dari porsi, asupan gizi, waktu serta beberapa faktor lainnya.

Hanya Menyantap Makanan Kecil

Ada juga yang selama menjalankan program diet malah dengan sengaja menghindari atau melewatkan makanan utama. Lebih memilih menyantap makanan-makanan kecil. Karena beranggapan bahwa makanan kecil tidak akan membuat jadi gemuk. Lho, bukannya itu sama saja dengan ngemil?

manfaat makan 4 sehat 5 sempurna untuk program diet

Kebiasaan ngemil jika tidak dikontrol dengan baik akan meningkatkan bobot tubuh secara drastis. Jika terbiasa ngemil dan masih ingin melakukannya saat diet, pilihannya harus sangat ketat. Sekarang ini sudah lumayan banyak kok menu camilan sehat yang dapat dikonsumsi selama diet dengan porsi wajar.

Kurang Minum Air Putih

Jangan pernah melupakan air putih. Program diet bakal berhasil memuaskan kalau diimbangi dengan konsumsi air putih yang ideal. Takarannya bisa sekitar delapan gelas per hari atau hitungan normal. Meski bagi sebagian orang bisa kurang atau lebih dari itu.
Minum Air putih sebanyak 500 ml atau sekitar 2 gelas, 30 menit sebelum makan diduga dapat menurunkan berat badan.
Konsumsi air putih selama program diet dijamin akan terus menjaga kebugaran tubuh. Manfaatnya pun berlipat karena memperlancar pencernaan dan peredaran darah.

manfaat minum air putih untuk menurunkan berat badan

Target Kurang Realistis



Ya, memang benar bahwa tujuannya adalah memangkas bobot badan secepat mungkin. Namun definisi cepat ini sungguh relatif. Jangan dibayangkan semisal hari ini Anda melakukan diet maka selang 24 jam berikutnya langsung kehilangan beberapa kilogram.
Penurunan berat badan yang aman dan ideal, yaitu sekitar 0,5 kg - 1 kg per minggu. Usahakan tidak melebihi kisaran tersebut tiap minggunya.
Contoh dari target yang tidak realistis adalah seperti di atas. Sedangkan target yang kurang realistis semisal dalam seminggu mematok target akan turun bobot badan sebesar 5 kilogram. Hal ini memang masih memungkinkan. Namun kenyataannya tak akan semudah yang diucapkan.

Biasanya ada beberapa risiko kesehatan yang sering diderita ketika melakukan program  penurunan berat badan terlalu berlebihan dan cepat, diantaranya mengalami kelelahan, merasa tidak enak-badan, mengalami kurang-gizi, dan munculnya batu-empedu.

Kalau bertekad menerapkan target yang besar dalam durasi singkat, harus punya komitmen dan memahami konsekuensi. Yakni menjalani diet yang ketat dan disiplin namun tak sekalipun mengabaikan faktor kesehatan.

Advertisement