BISAKAH TUBUH LANGSING ALAMI SEHABIS PUASA?

BISAKAH TUBUH LANGSING ALAMI SEHABIS PUASA?
BISAKAH TUBUH LANGSING ALAMI SEHABIS PUASA?
Masa Ramadhan sering disebut-sebut sebagai momen tepat menerapkan cara melangsingkan badan secara alami. Berpuasa selama sekitar sebulan, apakah badan bisa langsing setelahnya? Belum tentu.
Gurauan yang berdasarkan kenyataan soal kondisi tubuh setelah puasa kerap kita dengar. Misalnya, bukannya nambah kurus setelah puasa, malahan jadi gendut. Bahkan habis itu Lebaran dan bobotnya kian bertambah.
Kenapa bisa demikian?


cara melangsingkan badan secara alami

BACA: BAHAYA BUKA PUASA DENGAN YANG MANIS?

Salah Kaprah Menjalani Puasa

Berpuasa adalah menahan lapar dan haus dari sebelum terbitnya fajar hingga senja. Logikanya, jika selama sekitar 30 hari mampu menahan lapar dan dahaga tentu tubuh bisa langsing. Tapi yang terjadi adalah salah kaprah menjalani puasa khususnya yang sekalian ingin diet.

Memang iya bahwa dari sebelum matahari terbit sampai terbenamnya mampu menahan lapar dan dahaga. Tapi setelah tiba waktu berbuka? Banyak yang malah menjadikannya sebagai ajang pelampiasan. Menghabiskan berporsi-porsi menu dan minum seenaknya mumpung ada waktu. Malahan diulangi lagi ketika waktu sahur.

Salah kaprah menjalani puasa semakin amburadul ketika di waktu siang hari malah sering tiduran dan sangat jarang melakukan aktivitas fisik. Artinya, itu bukan diet namanya. Tapi menggeser waktu makan dan minum serta malas-malasan dengan cara yang lebih parah. Tak heran kalau tubuh kian melar setelah puasa berakhir.

Cara Diet di Bulan Puasa

BACA: CARA EFEKTIF MENURUNKAN BERAT BADAN PADA SAAT PUASA

Namun jangan khawatir. Masih ada cara untuk melangsingkan tubuh selama berpuasa. Selain menambah pahala karena menjalani ibadah puasa secara serius, tubuh Anda akan semakin singset dan sehat. Berikut ini adalah cara-cara menerapkan diet selama puasa:

  • Atur Kualitas Gizi dan Porsi. Pengaturan kualitas gizi dan porsi makanan sangat vital ketika menjalankan ibadah puasa sekaligus diet. Caranya tidak ribet namun mesti memperhatikan porsi yang ideal dan tidak menyantapnya berlebihan. Idealnya adalah berhenti sebelum merasa kenyang.
  • Asupan Vitamin. Jangan lupa asupan vitamin yang dapat dikonsumsi dari sayur dan buah-buahan. Menu ini sangat penting ketika sedang menjalani ibadah puasa apalagi yang punya jadwal aktivitas padat.
  • Konsumsi Air Putih. Setelah berbuka jangan mengurangi konsumsi air putih. Minumlah secukupnya dan ganti cairan yang hilang selama siang hari. Menutup waktu sahur pun sangat diajurkan untuk meminum air putih secukupnya.
  • Jangan Lupa Aktivitas Fisik. Bagi yang tidak terlalu padat jadwalnya selama puasa jangan lantas bermalasan hampir seharian. Gunakan waktu sebaik-baiknya khususnya menjelang waktu berbuka untuk pembakaran kalori entah dengan olahraga atau sekadar berjalan-jalan.
  • Kualitas Waktu Tidur. Perhatikanlah waktu tidur selama berpuasa karena biasanya terpotong waktu Tarawih dan sahur. Yang utama bukanlah durasi tidur. Tapi kualitas tidur yang benar-benar Anda rasakan sendiri. Toh, masih ada waktu di siang hari selama sekitar satu atau dua jam untuk tidur berkualitas yang sekaligus juga memetik pahala.


Advertisement