Apakah kenaikan berat badan anda meningkat secara dramatis? Inilah enam Penyebabnya

Apakah kenaikan berat badan anda meningkat secara dramatis? Inilah enam Penyebabnya
Apakah kenaikan berat badan anda meningkat secara dramatis? Inilah enam Penyebabnya
kenaikan berat badan anda meningkat secara dramatis


Kenaikan berat badan anda meningkat secara dramatis benar-benar menjadi perhatian. Karena ini dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri Anda. Khusus untuk wanita

Jika ini terjadi atau jika Anda mengalaminya, jangan panik. Dikumpulkan dari beberapa sumber, berikut ini beberapa penyebab obesitas yang mungkin kurang dari berat badan Anda yang mengarah ke tiba-tiba.

1. Peningkatan massa otot

Jika berat badan Anda tiba-tiba meningkat ketika Anda mengikuti program latihan tertentu dengan intensitas tinggi, itu mungkin menjadi penyebab meningkatnya massa otot. Kondisi massa otot lebih intens dibandingkan dengan lemak.

Satu kilogram otot dan satu kilogram lemak memiliki berat yang sama. Namun, otot-otot lebih padat secara alami dan lebih berserat, yang secara otomatis membutuhkan lebih sedikit lemak.

Seseorang yang bugar atau langsing mungkin memiliki berat yang sama dengan orang lain (yang tidak berolahraga). Ini karena perbedaan komposisi tubuh, menurut Robbie Clark, ahli gizi, di Huffington Post Australia.

BACA JUGA : Bahaya Buka Puasa Dengan Yang Manis?

Jika ini disebabkan oleh kenaikan berat badan tiba-tiba yang Anda alami, jangan segera hentikan kebiasaan kesehatan karena itu adalah hal yang baik. Percayalah, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memberikan jutaan manfaat bagi tubuh.


2. Wanita yang sedang menstruasi

Khusus untuk wanita, berat badan cenderung berfluktuasi karena perubahan hormon karena ovulasi dan menstruasi, yang berkontribusi terhadap retensi cairan dan berat badan. Kondisi ini bisa terjadi beberapa kali sebulan.

Perubahan hormonal terjadi sebelum menstruasi, terutama estrogen dan progesteron. Ketika pembuahan tidak terjadi, progesterone akan menurun, sehingga dinding uterus runtuh dan menstruasi terjadi. Selain itu, kadar progesteron yang rendah menyebabkan tubuh menahan air untuk meningkatkan berat badan. Namun, ini biasanya kembali normal setelah menstruasi selesai, d. Sepriani Timurtini Limbong ke KlikDokter.

BACA JUGA : 3 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Bahkan, ada juga wanita yang bisa berat hingga 4 kilogram selama periode pramenstruasi dan ovulasi. Jika ini terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengontrol keseimbangan hormonal.




3. Baru Makan atau minum

Apakah Anda hanya minum satu liter air? Ya, ini sama dengan 1 kg berat badan, dan ini juga berlaku untuk makanan yang Anda makan. Kondisi ini dapat menyebabkan fluktuasi berat badan tergantung pada jumlah makanan atau minuman yang baru saja Anda konsumsi. Namun, jangan khawatir karena peningkatan ini bersifat sementara.

4. Diet tinggi garam

Jika makanan asin mendominasi pola makan Anda, ini dapat menyebabkan retensi air yang dapat memengaruhi ukuran keseimbangan. Berkenaan dengan ini, d. Seperti yang dijelaskan oleh Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Salah satu sifat garam adalah menahan air dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi makanan asin dalam jumlah besar dan tidak dibarengi dengan olahraga yang tepat pada hari yang sama, Anda kemungkinan akan meningkatkan berat badan Anda. Ini terjadi karena retensi air (akumulasi cairan dalam tubuh). Jika kondisi ini berlebihan, dapat menyebabkan pembengkakan di perut, kaki, tumit dan wajah.



5. Adanya beberapa penyakit

Ada banyak penyakit yang dapat meningkatkan berat badan seperti hipotiroidisme dan sindrom Cushing.

Penyakit tiroid memiliki gejala peningkatan berat badan dengan peradangan di sekitar leher, sedangkan sindrom Cushing disebabkan oleh peningkatan kortisol untuk waktu yang lama. Dr Diah mengatakan orang-orang dengan obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi akan mengalami peningkatan risiko sindrom Cushing.

6. Pengobatan diabetes

Secara umum, penderita diabetes yang disuntik dengan terapi insulin untuk mengontrol gula darah dapat mengalami peningkatan berat badan secara tiba-tiba, bahkan jika makan dengan baik. Ini karena hormon insulin yang disuntikkan ke dalam tubuh dapat mempengaruhi nafsu makan dan jumlah mengatur jumlah lemak dalam tubuh.

BACA JUGA : Kebiasaan Yang Membantu Cara Diet Cepat Dan Sehat

Selain enam alasan di atas, masih ada alasan untuk kenaikan berat badan mendadak, seperti konsumsi pemanis buatan, kurang tidur, stres dan depresi, penggunaan obat-obatan tertentu, seperti steroid, dan banyak lagi. Sementara peningkatan ini bersifat sementara, tidak perlu terlalu khawatir.

Tetapi jika Anda merasa tidak nyaman karena berat badan Anda terus meningkat, apalagi jika disertai kelainan seperti sakit perut, dll, segera konsultasikan dengan dokter Anda.


SUMBER : merdeka.com
Advertisement